...
Eksport Bibit Lobster menimbulkan banyak polemik di kalangan nelayan, sehingga harga lobster turun.

DoetaNews, Jakarta, 22 september 2020. Sejak diberlakukannya ekspor bibit lobster oleh Menteri kelautan dan Perikanan melalui peraturan menteri nomor 12 tahun 2020, menimbulkan berbagai pro dan kontra di kalangan nelayan.


Akan tetapi saat ini ekspor bibit lobster banyak yang bermasalah, sehingga bea cukai pun melakukan pencekalan dan pemeriksaan berlebih terhadap bibit lobster yang akan di ekspor ke vietnam dan luar negri lainnya. Hal ini tentu merugikan nelayan karena membuat harga bibit lobster jatuh.


Hal ini dikeluhkan oleh PBNLI (Perkumpulan Budidaya dan Nelayan Lobster Indonesia), yang mengeluhkan banyaknya masalah terhadap ekspor benih, sehingga ratusan ribu benih siap exsport mati sebelum sampai ke negara tujuan. Selain merugikan nelayan, masalah ini juga menurunkan kepercayaan eksportir, dengan menurunnya tingkat ekspor bibit lobster maka harga lobster pun turun.

...
Kris Budiharjo, Ketua Umum RKIH (Rumah Kreasi Indonesia Hebat)

Kris Budiharjo sebagai ketua umum RKIH (Rumah Kreasi Indonesia Hebat) menyayangkan hal tersebut, karena seharusnya indonesia sebagai negara kelautan dan berpotensi tinggi menghasilkan bibit lobster, seharusnya dapat mensejahterakan masyarakat. Namun karena ketidaksiapan eksport, sehingga nelayan pun dirugikan.


"salah satu kendala dalam eksport benih ini, hanya tersedia satu kargo yang mampu melayani eksport benih ke vietnam. Apa hanya ada satu kargo yg bisa melayani eksport benih lobster??" Terang Kris Budiharjo.
Saksikan video lengkap, masalah eksport bibit lobster di indonesia menurut kris budiharjo melalui tayangan berikut ini. (ARH)

https://youtu.be/8jbH8B9bRHM



#EksportBenihLobster #KKP



Share :

Belum ada komentar

Komentar