Situ Beber
Doeta News (Istimewa)

Doeta News, Cianjur—Ada Situ Beber di Cianjur selatan yang letaknya di Kampung Beber, Desa Situhiang, Kecamatan Pagelaran, Cianjur.

Warga Kampung Beber menyebutnya dengan nama Situ Beber karena letaknya berada di Kampung Beber. Menurut warga kampung tersebut, Situ Beber dahulu sebuah sungai besar yang mengalir di sekitar Kampung Beber. Karena kejernihannya, warga berinisiatif menampung air sungai tersebut sehingga pekarangan yang ada di Kampung Beber terendam air.

Pekarangan yang terendam air itu pun menjadi situ. Banyak ikan tertampung di Situ Beber, sehingga warga bisa memanfaatkannya sebagai mata pencaharian mereka dengan menjual ikan-ikannya.

Pemerintah setempat berinisiatif menggarap Situ Beber dengan menanam ikan. Setiap satu tahun sekali warga bisa mengambil ikan-ikan tersebut yang terkenal dengan sebutan nguceuk atau ngubek Situ Beber.

Dalam perkembangannya, Situ Beber beralih fungsi menjadi tempat wisata. Warga bisa berkunjung setiap hari ke Situ Beber. Mereka bisa beristirahat dan melihat keindahan rawa dari saung-saung yang dibangun di tepi situ.

Mereka bisa juga berkeliling memutari situ dengan menggunakan perahu bebek. Pemerintah setempat selalu menjaga dan mengontrol SItu Bebek, sehingga keamanannya terkendali.

Ayo para sahabat warga Cianjur dan sekitarnya berkunjung ke Situ Beber.

Pewarta: Nunuh | Editor: Raviyanto



Situ Beber Cianjur Wisata Air



Share :

Belum ada komentar

Komentar