ASISI Berkolaborasi dengan PERPRINDO dalam bidang Jasa Air Conditioner (AC)

0
39
Pertemuan Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Air Conditioner (ASISI) dengan Asosiasi PERPRINDO (Perkumpulan Perusahaan Pendingin Refrigerasi Indonesia)

DoetaNews, 08/07/2022 – Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Air Conditioner (ASISI) Nusantara memperluas koneksinya dengan menerima  Asosiasi PERPRINDO (Perkumpulan Perusahaan Pendingin Refrigerasi Indonesia) di kantor Dewan Pengurus Pusat ASISI JL Mampang prapatan raya no 73A Rt 010 Rw 002 Tegal parang Kecamatan mampang prapatan jakarta selatan 6 Juli 2022 kemarin.

Pada kesempatan tersebut banyak hal yag dibicarakan namun berfokus dalam hal mengenai peningkatan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan Industri. Peprindo sebagai asosiasi Perusahaan Pendingin Refrigerasi Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidang Air Conditioner untuk menjalankan usahanya.

ASISI sebagai asosiasi yang bergerak dibidang Air Conditioner telah memiliki cabang di 23 provinsi di seluruh Indonesia dirasa sangat cocok dengan PERPRINDO (Perkumpulan Perusahaan Pendingin Refrigerasi Indonesia) yang membutuhkan banyak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang Air Conditioner, Dengan demikian ASISI dapat menyentuh lebih banyak lapisan masyarakat di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Hal ini menjadikan ASISI menjadi mitra strategis  pelaku usaha Air Conditioner baik Residensial maupun Building, pemegang merk maupun pabrikan. Selain itu ASISI selama ini telah melakukan kegiatan kegiatan untuk peningkatan kompetensi anggotanya maupun masyarakat melalui pelatihan pelatihan berbasis kompetensi hingga mengadakan Asesmen atau Uji kompetensi yang outputnya adalah sertifikat kompetensi  dengan logo Garuda dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Pertemuan Antara ASISI dengan PERPRINDO menghasilkan Kolaborasi untuk memenuhi kebutuhan jasa di Bidang Air Conditioner (AC) dalam skala Residensial maupun Building, pemegang merk maupun pabrikan

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga Peprindo merasa perlu untuk menjadikan ASISI sebagai anggota Luar biasa dari Peprindo mengingat kiprah ASISI selama ini di masyarakat. Sebagaimana diketahui, kewajiban memiliki sertifikat kompetensi bagi tenaga teknis telah diatur dalam  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 83 Tahun 2019 yang telah di tandatangani oleh Presiden Jokowi pada Desember 2019 tentang Penyediaan Tenaga Teknis Yang Kompeten di Bidang Perdagangan Jasa.

Kompetensi tersebut dibuktikan melalui sertifikat kompetensi masing-masing bidang ASISI telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi  untuk menjadi lokasi Magang mahasiswa (Program magang mahasiswa dimana mahasiswa diberi insentif keuangan) maupun lokasi Praktik Kerja Idustri  (Praktik kerja tidak mensyaratkan pemberian insentif keuangan kepada mahasiswa) mengingat volume usaha anggota ASISI telah memenuhi syarat untuk itu diantaranya omzet minimal perusahaan 500 juta per tahun.  Selain perguruan tinggi, juga kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Peprindo juga sangat memperhatikan kegiatan sosial sehingga juga mendorong anggota peprindo untuk menyisihkan Company Social Resbonsibility (CSR) dari anggotanya untuk bisa mendukung kegiatan kegiatan sosial. ASISI juga mengundang Perprindo untuk hadir dalam MUNAS ASISI pada bulan Nopember 2022 di Bali yang dihadiri oleh pengurus dan anggota di seluruh Indonesia, sehingga dapat digunakan Perpindo untuk lebih mengenal ASISI dan berkolaborasi sehingga memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. (ARH)