...
Dansektor 9 Citarum Harum Kol. Amir melakukan pemeriksaan limbah pabrik perusahaan tekstil.

DOETA NEWS, BANDUNG—Persoalan limbah cair pabrik di Sungai Cipeusing yang dikeluhkan warga Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat terus begulir. Bak bola panas, sorotan tajam pun dilontarkan masyarakat terhadap pemerintah dan Satgas Citarum Harum Sektor 9.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, Dansektor 9 Citarum Harum Kol. Amir bersama Dansubsektor KKS 1 Lettu Nur Ananto dengan cepat bertindak langsung menyidak beberapa industri yang ada di Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (11/10/2019).

Ada tiga perusahaan yang disidak, yaitu PT Warna Mandiri, PT Samdotex, dan PT Rajawali. Ketiga perusahaan itu terbukti belum mengelola limbah sesuai baku mutu yang baik.

Amir sangat menyayangkan hal ini terjadi. Pasalnya, pihak perusahaan itu tahu tentang aturan Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH), tetapi seolah-olah tidak mengerti.

Untuk itu direksi perusahaan tersebut harus bertanggung jawab dalam masalah limbah ini. Mereka dianggap lalai melakukan pengawasan dan pengelolan limbah hingga tercemar.

Dansektor 9 Kol. Amir memberikan peringatan dan pembinaan. "Apabila tetap membandel, mereka akan diberi sanksi adminstrasi dan pidana." 

Amir mengatakan ketiga perusahaan yang dijatuhi sanksi adalah perusahaan tekstil. Pengenaan sanksi merupakan langkah tegas Satgas untuk meningkatkan kembali kualitas air Sungai Citarum. "Ini sejalan dengan komitmen Presiden Joko Widodo." (Maman/ RA)







Share :

Belum ada komentar

Komentar